PERTAMA DI TORAJA, KOPERASI DENGAN PELAYANAN MOBIL KAS KELILING ONLINE

Hits: 3075 Written by Administrator Created on Tuesday, 25 February 2020 03:31 Category: Berita

Gerak inovasi terus ditunjukkan CU Sauan Sibarrung, Tana Toraja Sulawesi Selatan. Di usianya yang ke-13 tahun, koperasi dengan jumlah anggota 35.499 dan asset 539 miliar lebih, telah meluncurkan dan mengoperasikan pelayanan Mobil Kas keliling Online. Jika selama ini, pelayanan mobil kas keliling hanya digunakan terutama oleh bank-bank dengan menggunakan bantuan sinyal satelit, kini, untuk pertama kalinya di Toraja CU Sauan Sibarrung menggunakan mobil kas keliling online, dengan bantuan sinyal lokal (provider telekomunikasi).

“Tujuannya jelas, yakni membantu anggota yang mungkin tidak sempat menyetor atau membayar angsurannya ke kantor CU. Mungkin karena alasan kesibukan atau kendala di biaya transport, sehingga pelayanan mobil kas keliling menjadi solusi terbaik”, jelas ketua CU Sauan Sibarrung, Dr. P. Fredy Rante Taruk, Pr.

Mobil Kas Keliling dilengkapi dengan 2 (dua) mesin anjungan setor tunai dan tarik tunai, dimana anggota dapat menyetor uang tunai langsung ke rekening simpanan dan anggota dapat menarik secara tunai dari simpanan mereka. Seluruh transaksi dengan mesin anjungan ini dioperasikan dengan menggunakan bantuan HP android dengan QR Code, dan tidak menggunakan kartu (lagi).

“Sudah beberapa hari ini kami melayani anggota dengan Mobil Kas Keliling, yakni di Bittuang, Tengan, Bebo’, Bera, dan Buntao’. Respon anggota dan masyarakat sangat positif”, demikian penjelasan Desti Sarangnga’, S.Kom, sebagai penanggungjawab operasional Mobil Kas Keliling.

Beberapa pelayanan yang diberikan oleh Mobil Kas Keliling ini, antara lain adalah:

  1. Menerima setoran tunai simpanan anggota
  2. Menerima angsuran pinjaman anggota
  3. Melakukan printout buku simpanan dan pinjaman anggota
  4. Melakukan tarik tunai dari mesin CCM (Cardless Cash Machine)  
  5. Melakukan setor tunai simpanan pada mesin CDM (Cardless Deposit Machine).
  6. Bagi anggota yang belum mengaktivasi aplikasi Sauan Mobil, dapat melakukan aktivasi aplikasi
  7. Anggota dapat juga melakukan pembayaran listrik bulanan (pasca bayar),beli token listrik, dan isi pulsa, dengan bantuan staf manajemen CU.

Seluruh transaksi yang terjadi direkam secara online dan langsung tervalidasi pada sistem. Sehingga anggota juga secara real time dapat mengecek seluruh transaksi yang telah dilakukan.

Untuk sementara, pelayanan Mobil Kas Keliling akan dioperasikan di wilayah Toraja, mengingat jumlah unit kendaraan yang terbatas. Titik-titik pelayanan tentunya akan ditetapkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya pada basis anggota yang cukup jauh dari kantor TP. Selain itu, CU akan mempertimbangkan titik-titik pasar kampung yang tersebar di wilayah Toraja, sehingga anggota dengan mudah menjangkaunya.

Dalam beberapa waktu ke depan, CU Sauan Sibarrung akan menyampaikan jadwal tetap pelayanan Mobil Kas Keliling dengan harapan agar masyarakat luas, khususnya anggota, dapat mengetahui dan memanfaatkan pelayanan ini.

Salam pemberdayaan, salam gori-gori tang ma’ti, yamokeee…