Sambutan Ketua CU Sauan Sibarrung

Hits: 79829 Written by Administrator Created on Thursday, 01 November 2012 00:22 Category: Home

 

Salam Gori-Gori Tang Ma’ti

Kepada seluruh aktivis CU Sauan Sibarrung dan siapa saja yang turut serta dalam gerakan sosial-ekonomi masyarakat,  semoga kita selalu diberi kesehatan yang baik serta mendapatkan berkat yang melimpah dalam tugas dan tanggung jawab kita sehari-hari.

Di awal Tahun Buku 2020 ini, izinkan saya menyapa kita sekalian yang ikut andil dalam usaha memajukan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan CU Sauan Sibarrung. Kita semua bersyukur bahwa memasuki usia yang ke-14 tahun, CU Sauan Sibarrung tetap memegang teguh nilai-nilai dan visi pemberdayaan, yang diejawantahkan dalam program-program dan kebijakan strategis lembaga, untuk kemajuan anggota dan masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan yang berbasis Teknologi Informasi serta focus peningkatan wirausaha anggota tetap menjadi perhatian serius CU Sauan Sibarrung. Program ESCETE (aplikasi online berbasis Handphone anggota),  dan yang terbaru adalah mobil Pelayanan Kas, diharapkan menjadi solusi layanan yang lebih efektif  menjangkau lebih banyak anggota, dengan beberapa  pengembangan fitur.

 

Di bidang wirausaha, CU Sauan Sibarrung terus mendorong anggota untuk mengembangkan usaha produktif mereka, di bidang pertanian, kerajinan, kuliner, jasa, dan industri rumah tangga. Khusus produk kopi Toraja, CU Sauan Sibarrung memberi perhatian pada 6 (enam) kampung/komunitas petani kopi di Toraja, untuk serius mengembangkan tanaman hingga produk kopi berkualitas, dengan mendatangkan tenaga-tenaga ahli perkopian.

Perhatian pada pengembangan wirausaha anggota di TB 2020 ini, sesuai dengan amanat Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2019,  akan didukung dengan pengembangan kapasitas melalui diklat, bimtek, dan bentuk kegiatan lainnya, yang sudah tertuang dalam Matriks Program. Ada banyak kegiatan pengembangan kapasitas yang dicanangkan oleh CU Sauan Sibarrung untuk anggota pengelola, dan aktivis, baik yang diadakan di Tempat Pelayanan, maupun di Kantor Pusat.  Semuanya ini dimaksudkan agar anggota, pengelola, dan aktivis selalu membaharui diri dengan ilmu dan cara pandang baru, agar hidup anggota lebih berkembang dan lembaga menjadi sehat dan berkelanjutan. 

Pada September 2019 CU Sauan Sibarrung kembali meraih ACCESS Branding kategori Silver  (satu dari delapan CU di Asia), yang diterima di Kualalumpur Malaysia pada forum CU se-Asia. Itu berarti telah 3 (tiga) tahun berturut-turut CU ini meraih kualifikasi standar Asia. Seraya kita mensyukuri pencapaian ini, saya mengajak kita semua untuk terus berbenah, mengembangkan diri dan memperbaiki layanan CU ini agar semakin mampu menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota. Sekedar informasi bahwa tahun buku 2020, Inkopdit Jakarta (Induk Koperasi Kredit Indonesia) kembali akan melakukan audit terkait proses pelayanan dan kesehatan CU kita. Semoga hasilnya lebih baik dari tahun buku 2019.

Saya juga menginformasikan bahwa  di wilayah Luwu, dalam rangka menghadirkan pelayanan yang maksimal kepada anggota, CU Sauan Sibarrung sementara membangun kantor representatif di Kota Palopo dan Bone-Bone. Anggota TP palopo telah lebih dari 3.000 sementara Bone-Bone sedang mengembangkan pelayanan mereka ke Luwu Timur. Tahun ini, tetap diprogramkan untuk pembelian tanah kantor di Toraja (TP Sangalla dan TP Rembon), sedang lainnya sementara berproses untuk pembangunan kantor.

Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh anggota untuk terus mengawal dan memanfaatkan layanan-layanan yang ada di CU kita. Semoga benar-benar CU ini membawa perubahan dan perbaikan dalam tata hidup sosial dan ekonomi. Salam pemberdayaan, salam gori-gori tang ma’ti. Yamokee….

 

 

 

Ketua CU Sauan Sibarrung,

P. Fredy Rante Taruk, Pr