Berita


Financial Literacy di Pangleon

Dari tahun ke tahun, kebutuhan kita terus memperlihatkan grafik kenaikan baik dari segi jumlah maupun harganya. Hal ini menuntut kita untuk berusaha lebih keras lagi dalam menambah jumlah penghasilan kita. Belum lagi untuk perencanaan masa depan dengan memiliki banyak tabungan untuk keperluan nantinya.

Keberadaan uang memang cukup penting. Bahkan uang dapat menjadi motivasi bagi seseorang. Namun terkadang uang yang kita dapatkan terkesan tidak mencukupi, apa lagi saat ini tipis perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, dengan banyaknya godaan-godaan konsumtif dalam bentuk iklan-iklan menarik. Perkembangan teknologi telah mendorong batas –batas kebutuhan manusia, apa yang dahulu merupakan keinginan sekarang telah bergeser menjadi kebutuhan.



Menyadari akan hal itu, Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) TP Rembon mengadakan pelatihan Financial Literacy (kecakapan keuangan) bagi anggota. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, tanggal 24-25 Juni 2017 diikuti oleh 23 orang dan diadakan di Aula Kantor Lembang Pangleon.

“kehadiran CUSS sangat tepat sebagai inisiator gerakan pemberdayaan yang mengubah pola pikir anggota, yang tadi konsumtif menjadi pola pikir produktiv .”  Demikian penyampaian oleh Leonardus Rumengan, Komite Pemberdayaan CUSS di TP Rembon. Beliau juga menambahkan bahwa tujuan dari pelatihan ini agar anggota semakin mampu mengolah dan menata keuangan. Hadir juga dalam pelatihan tersebut sebagai pemateri adalah Matius Pakonglean (Sangayoka), Yulianus Ta’dung (Komite Diklat) dan Marselina I. P. (Staf Keuangan CUSS di TP Rembon). Selain memberikan materi bagaimana mengatur keuangan yang efektif, juga mensharingkan pengalaman mereka bagaimana menerapkan financial literacy dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat yang bisa kita dapatkan jika keuangan kita tertata dengan baik antara lain kita menjadi lebih teratur dalam pengeluaran. Sudah rahasia umum bahwa mengumpulkan uang jauh lebih sulit dari pada menghabiskannya. Untuk mendapatkan uang, kita perlu ada usaha atau bahkan usaha yang keras, sedangkankan menghabiskan kita hanya perlu seketika, bahkan ketika kita tidak sedang merencanakan untuk menghabiskannya. Manfaat lainnya dari keuangan yang tertata adalah kita menjadi lebih tenang. Kenapa punya keuangan yang terkelola membuat kita tenang? Karena kadang pengeluaran tak terduga hadir tiba-tiba. Jika kita punya persiapan untuk itu, tentunya kita akan terhindar dari kekwatiran.

“pernah kah anda mengalami kehabisan uang meski anda telah bekerja dengan sangat keras dan memiliki pendapatan yang besar? Atau pernah kah anda mengalami kesulitan membedakan antara keinginan dan kebutuhan? Sebagai anggota CU maka anda wajib mengikuti pelatihan financial literacy.” Demikian penyampaian oleh Yulianus Ta’dung (komite Diklat) dalam penutupan pelatihan tersebut.(Lidwina Madah/Risushanto Te'dang)

 
 

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Visitors Counter

9030590
Today
This Week
This Month
All days
7356
18342
156264
9030590