Berita


Pendidikan Kecakapan Keuangan CU sauan Sibarrung TP Rantetayo

Kecakapan Keuangan adalah kemampuan seseorang untuk memahami bagaimana uang bekerja, bagaimana seseorang mendapatkannya dan mengambil keputusan tentang uang agar dapat menolong diri sendiri .

Untuk menolong orang atau anggota agar dapat monolong diri sendiri, maka CU Sauan Sibarrung  tidak boleh membatasi diri hanya sebagai pemberi pinjaman.Tujuan utama CU adalah mengontrol penggunaan uang, memperbaiki nilai moral dan fisik setiap orang, dan memberdayakan mereka untuk bertindak sendiri.

Credit Union harus memandu anggota untuk menjadi mandiri secara financial. Penawaran jasa keuangan CU harus dapat mencapai tujuan anggota di setiap tahap kehidupan. Credit Union juga mengajak anggotanya merencanakan tabungan dan memberikan pilihan kepada anggota untuk menabung di beberapa produk tabungan yang ada untuk membantu anggota merencanakan pencapaian keuangan dan masa depan.

Titik awal dari perencanaan keuangan anggota adalah pertama-tama anggota harus mengetahui terlebih dahulu berapa besarnilai-nilai kekayaan maupun kekurangan atau defisit keuangan anggota saat ini. Setelah itu, anggota dengan sendirinya menyadari akan pentingnya menabung atau menyisihkan sebagian pendapatan sebagai strategi untuk meningkatkan kekayaan seseorang.

Untuk merencanakan keuangan, anggota juga harus mengetahui dan memahami kaidah-kaidah manajemen keuangan pribadi maupun keuangan keluarga yang terdiri dari 12 perjalanan keuangan. Setelah memahami dan mempraktekkan kaidah-kaidah tersebut, maka akan ada indikator atau ukuran dari keberhasilan tersebut yakni 8 indikator Sehat Financial yang salah satunya adalah membentuk Dana Darurat.

Perencanaan keuangan akan memudahkan anggota melalui setiap transisi-transisi atau tahap-tahap kehidupan. Setiap orang memilik 65  transisi atau tahap kehidupan yang unik dan berbeda-beda mulai dari kecil sampai mati, sehingga perencanaan keuangan anggota harus disesuaikan dengan keadaan dan transisi hidup yang sedang dijalani.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang setiap anggota harus merencanakan keuangan dengan cara membuat peta keuangan dan mengisi kalender manajemen keuangan pribadi maupun keluarga. Ditekankan bahwa peta keuangan merupakan komitmen anggota akan masa depan keuangan agar dapa mengontrol penggunaan uang mereka.

CU Sauan Sibarrung TP Rantetayo telah melaksanakan Pendidikan Kecakapan Keuangan  pada tanggal 11-12 Juli 2017 di Gereja Katolik stasi Dulang  yang diikuti oleh 21 orang peserta. Sasaran Pendidikan ini adalah anggota dari wilayah Madandan dan sekitarnya. Fasilitator Pendas ini antara lain Amelia Mangande dan Veronika ( sangayoka TP Rantetayo ) dan Theodara Tandioga ( Mentor TP Rantetayo).

Pendidikan Kecakapan keuangan ini merupakan pendidikan wajib untuk semua anggota CU Sauan Sibarrung  dan menjadi salah satu syarat anggota untuk mengajukan pinjaman di CU adalah anggota yang sudah mengikuti pendidikan ini.

 “Mulailah menabung dari sekarang dan jangan pernah menyerah”

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6087393
Today
This Week
This Month
All days
6811
30635
171626
6087393