Berita


The First From Indonesia! CU SAUAN SIBARRUNG menerima Akreditasi ACCESS BRANDING

CU Sauan Sibarrung akhirnya menerima plakat sertifikasi akreditasi Access Branding dari ACCU (Asian Confederation of Credit Union), Rabu, 20 September 2017, pada acara forum CU se-Asia yang dihelat di Colombo, Sri Lanka. Plakat ini disampaikan langsung oleh Presiden ACCU Chul-Sang Moon, Ph.D dan CEO ACCU Elenita V. San Roque kepada Ketua Pengurus CUSS P. Fredy Rante Taruk, Pr, dan GM Yulianus Bottong, S.Kom. Beberapa Credit Union juga menerima plakat sertifikasi. Tercatat ada 19 CU dari Nepal dan 2 dari Filipina. CU Sauan Sibarrung dinyatakan sebagai “The First Credit Union to be branded from Indonesia”. Akhirnya, Cita-cita CU Sauan Sibarrung sejak tahun 2012 yang tertuang dalam Perencanaan Strategis CUSS 2012-2017, tercapai!

Sertifikasi Access Branding sebenarnya sudah sejak tahun 2005 disosialisasikan oleh ACCU di Indonesia, baik kepada CU/Koperasi Kredit Primer maupun kepada gerakan kopdit Sekunder. Namun dengan berbagai masalah dan kendala, beberapa koperasi kredit yang didampingi oleh Induk Koperasi Kredit Indonesia, belum dapat mengajukan diri untuk diperiksa.

Access Branding senyatanya adalah tools penilaian (audit) yang diterbitkan oleh ACCU dan digunakan untuk standarisasi pelayanan dan kesehatan CU. Dan Branding ini adalah strategi keberhasilan pertumbuhan Credit Union. Brand tidak hanya sekedar simbol bagi keberadaan lembaga, namun jauh lebih luas itu. Brand adalah reputasi gerakan sebuah credit union di dunia usaha. Apa yang sesungguhnya diberikan oleh branding adalah visi, tawaran, dan reputasi Credit Union itu sendiri, di mana branding bertindak sebagai ekspresi kolektif dari nilai-nilai Credit Union di tingkat nasional dan ekspresi lokal yang berkemampuan nasional.  Branding juga akan mengkomunikasikan kemampuan credit union kepada masyarakat luas.  

Access merupakan singkatan dari A-1 Competitive Choice for Excellence in Service and Soundness (Pilihan kompetitif A-1 untuk pelayanan dan kesehatan yang prima).  Tools ini mengukur empat perspektif pelayanan dan kesehatan CU, yakni:1) Perspektif Keuangan (Return On Equity), 2) Perspektif Anggota – Konsumen (Product & Services), 3) Perspektif Bisnis Internal (System), dan 4)Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan (Peoples). Keempat perspektif tersebut kemudian di-break down ke dalam 86 indikator penilaian dengan bobot penilaian tertentu.

CU Sauan Sibarrung sejak awal telah menyadari bahwa Access Branding merupakan jalan yang tepat untuk memeriksa dan memerbaiki tata kelola CU. Dari empat perspektif penilaian ini (dengan 86 indikator), tergambar dengan jelas, apakah sebuah credit union telah dengan serius mengembangkan pelayanan yang prima kepada anggota dan terus menjaga kesehatan CU.

Kesadaran ini tumbuh dan berkembang sejalan dengan komitmen pengurus menjadikannya sebagai tujuan strategis CUSS tahun buku 2012-2017. Sepanjang lima tahun terakhir inilah CUSS memaksimalkan sumber daya untuk tujuan krusial ini. Dan pada awal tahun 2016, tepatnya pada 28 Januari 2016 Inkopdit Indonesia mengutus Bpk. Stephanus T. Siagian hadir mendampingi CUSS secara serius. Beliau melakukan pemeriksaan awal untuk memastikan bahwa CUSS layak mengajukan diri dan berproses menuju akreditasi. Selain Inkopdit, BKCU Kalimantan, sebagai jaringan Koperasi Sekunder, juga proaktif mendampingi persiapan CUSS sepanjang tahun 2016. Hingga pada akhirnya, Inkopdit Indonesia melakukan audit final pada 16-18 Maret 2017.

Hasil audit Inkopdit Indonesia ini kemudian diteruskan ke ACCU Bangkok, sebagai dasar proses audit selanjutnya oleh ACCU. Persiapan yang serius sepanjang tahun 2016, telah menampakkan hasil yang tidak mengecewakan bagi CUSS. Ini terbukti ketika ACCU melakukan audit pada Mei 2017, yang dilakukan sendiri oleh CEO ACCU Elenita V. San Roque bersama Ranjith Hettiarachchi, Chief Technical Officer  ACCU. Hasilnya: CUSS memastikan plakat BRONZE.

Selamat kepada seluruh aktivis CU Sauan Sibarrung! Sertifikat ini bukanlah soal ‘penghargaan’ atau ‘prestise’, tetapi merupakan guarantee bagaimana CU melakukan STANDARISASI PELAYANAN DAN KESEHATAN CU YANG PRIMA (for excellent in services and soundness), tentunya demi kesejahteraan anggota dan kebaikan banyak orang. (AP)

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6087400
Today
This Week
This Month
All days
6818
30642
171633
6087400