Berita


Workshop Global Women's Leadership Network from ACCU- Thailand

Salah satu program Global Women's Leadership Network dari ACCU (Asian Confederation of Credit Union), yakni pemberdayaan perempuan. CU Sauan Sibarrung termasuk dalam satu CU yang dikunjungi dan diberikan pendampingan. Kegiatan ini terlaksana pada Selasa-Jumat, 08-11 Agustus 2017. Ms. Pattareepan Pongwat yang akrab dipanggil dengan Ms.Thum mengunjungi CU Sauan Sibarrung. Ms. Thum didampingi oleh Getri Anania Simbolon, S.Pd dari Inkopdit Jakarta.

Kegiatan diawali dengan pertemuan singkat di Kantor Pusat CUSS antara Tim Pemberdayaan CUSS dengan Ms. Thum, yang dibuka oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr selaku Ketua CU Sauan Sibarrung. Pertemuan dilanjutkan dengan informasi dari Ms. Thum mengenai pendampingan yang akan beliau lakukan selama empat hari.

Pada dua hari pertama, Ms. Thum dan Tim Pemberdayaan CU Sauan Sibarrung (Syrilus T. Tandioga, S.Pt, Yohanis Misi, Isak Banda, Martinus Pasa'ti, Nurmaida Toya, Santo Rupang dan Paulus Salempa, Deputy Pemberdayaan Yohannes Pabiban dan Manajer TP Antonius Rantetana) mengunjungi anggota yang produk-produknya di tampilkan di show-room (Toko) di CU Sauan Sibarrung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran tentang produk­produk anggota yang telah mulai dikembangkan, dengan harapan bahwa Ms. Thum dan tim akan memberikan input dan perbaikan pada produk, demi pengembangannya ke depan.

Adapun produk-produk anggota yang disurvey meliputi industri produk makananyakni: Kue Tori, Kripik Pisang, Kripik Talas, Abon Katokkon, Marning Jagung; Produk Minuman, yakni : Sirup Markisa, Kopi Jantan, Kopi Arabika dari Deri, Kopi Robusta, Kopi Tumbuk, dan Kopi Ciklan; obat-obatan herbal: Sari Jahe, Sari Kunyit dan Madu; Kerajinan Tangan: Pot Bunga, Lukisan, Baki ukir, Hiasan Dinding , Tempat Tissue, Gantungan kunci, Nyiru, Beno, Asbak, Keranjang dan Belanga dari Tanah liat; Asesoris: Anting-anting, gelang, manik­manik, Sepu', Kain tenun, dompet, Bros, Jepitan rambut. Semua itu merupak hasil produk industri rumah tangga dari anggota CU Sauan Sibarrung.

Informasi dari hasil survey selama dua hari, kemudian dibahas dalam pertemuan pada hari Kamis dan Jumat, 10 – 11 Agustus 2017. Kegiatan adalah Workshop pengembangan produk anggota, yang pesertanya dominan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha industri rumah tangga, baik itu secara kelompok maupun perorangaan. Ms.Thum menyampaikan tiga materi dalam tiga sesi: 1) aspek-aspek yang harus diketahui oleh sesorang pelaku usaha, 2) sharing tentang produk-produk industry rumah tangga dari Thailand dan bagaimana pengemasannya, dan 3) review produk anggota dan pengembangan ide bisnis produk anggota.

Beberapa produk anggota yang dibawa kemudian diberi tambahan kreasi baru dari Ms. Thum agar kelihatan menarik dan menambah nilai jual yang tinggi. Ms Thum juga memberikan Ide bisnis terbaru: lilin dan sabun cantik. Anggota sangat antusias mengikuti materi ini sebab anggota langsung berpraktek membuat lilin dan sabun.

Pada akhir pertemuan, Ms. Thum menyampaikan pendapatnya bahwa produk-produk anggota CUSS sudah cukup bagus, namun lebih bagus lagi apabila pengemasan produknya lebih ditingkatkan karena dengan sedikit perubahan akan membuat produk anggota memiliki nilai jual yang tinggi. CUSS perlu memperbanyak studi tentang produk dari luar CUSS sebagai bahan atau contoh agar produk anggota bisa bersaing di pasar. CUSS diharapkan dapat membantu anggota dalam pengadaaan bahan baku yang sulit didapatkan oleh anggota di wilayah Toraja.

Semoga dengan kunjungan serta pelatihan dari ACCU melalui Ms.Thum ini dapat membantu untuk membuka wawasan serta memunculkan ide-ide baru bagi pelaku usaha industri kecil di CU Sauan Sibarrung untuk pengembangan produk mereka ke depan.(annie)

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6087408
Today
This Week
This Month
All days
6826
30650
171641
6087408