Berita


KOLABORASI IKKON BEKRAF DAN CU SAUAN SIBARRUNG

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia meluncurkan IKKON (Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara), yang merupakan sebuah program live-in dengan menempatkan sekelompok pelaku kreatif di Toraja Utara. Tujuannya adalah mendorong dan membentuk pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal secara berkelanjutan (Sustainable Local Creative Economy). Toraja Utara dipilih oleh BEKRAF, salah satu dari 5 (lima) kabupaten di Indonesia.

Program Tim IKKON dan masyarakat lokal di Toraja Utara akan saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi sehingga yang terlibat dapat saling memperoleh manfaat secara etis (Ethical Benefit Sharing) dan berkelanjutan. Sehingga produk/jasa serta system yang dihasilkan dapat memberikan manfaat ekonom bagi masyarakat luas serta menunjang dan memperkuat Toraja Utara sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan Destinasi Utama Pariiwisata.

Setelah melakukan survey mendalam, akhirnya Tim IKKON berkolaborasi dengan CUSS dengan memilih komunitas binaan CUSS, yakni Komunitas Balandong, Buntulobo', Kec. Sesean. Komunitas ini dipilih dengan pertimbangan matang, dari segala aspek.

Tim IKKON akan menampilkan kembali potensi masyarakat Toraja sebagai Destinasi Pariwisata, melalui teknik dengan tampilan baru yang lebih segar dan kreatif (Re-presenting / Re­creating New Toraja). Hal itu dapat dilakukan

dengan mengenalkan kembali kekuatan identitas Toraja (Toraja Identity) melalui pedekatan simbol­simbol adat dan material dasar desain produk perlambang kebudayaan Toraja.

Berbagai desain baru atas simbol dan produk lokal-tradisional telah tercipta, setelah 3 bulan berkolaborasi dengan masyarakat. IKKON BEKRAF telah mendampingi dan membimbing kelompok dan anggota binaan CUSS, terutama dalam menciptakan produk-produk kreatif-inovatif. Bahkan IKKON telah mengeksplore dan menciptakan destinasi wisata baru, COFFEE EXPERIENCE BATUTUMONGA­BUNTULOBO'.

Rencananya, tanggal 18-19 Oktober 2017, IKKON dan masyarakat Balandong akan mengadakan pameran hasil kreasi masyarakat dan anggota CU Sauan Sibarrung, yang bertempat di dusun Balandong, Buntulobo, Kec. Sesean, yang rencananya akan dibuka oleh bupati Toraja Utara dan pejabat dari BEKRAF Jakarta. Silakan hadir menyaksikan peristiwa penting ini. (Anthonius Pararak)

 

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6657664
Today
This Week
This Month
All days
7268
66240
147081
6657664