Berita


Diklat awal tahun 2018 CUSS, First of All: Managing Your Self (For Others)!

Bertempat di Hotel Sahid Mengkendek Tana Toraja, 95 aktivis CU Sauan Sibarrung (Pengurus, Pengawas, Komite, Sangayoka, Staf Manajemen) selama empat hari, 3-6 Januari 2018, berproses, berefleksi, dan bergelut menata pikiran dan hati, melalui diklat (semi ret-ret) Managing Your Self For Others (MYFO). Diklat ini merupakan aplikasi modul terbaru yang diterbitkan oleh Asian Confederation of Credit Union, Bangkok, Thailand, yang dibawakan oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr.

Melayani orang lain bukan perkara mudah. Banyak hal dipengaruhi oleh factor dari dalam ‘diri pelayan’. Bagaimana mungkin melayani orang lain (anggota) jika banyak hambatan dan ketidakteraturan diri sang pelayan (aktivis)? Managing yourself! Kunci yang ditawarkan MYFO adalah setiap orang harus mampu mengenali diri dan mengaturnya.  

Tahap kehidupan masing-masing pribadi kemudian dipetakan, dirinci, dan peristiwa-peristiwa hidup yang krusial kemudian dimunculkan dan disegarkan. Pengalaman manis dan pahit dipanggil kembali untuk mendapatkan kesadaran yang utuh tentang diri. Peserta diajak untuk juga mengenali alam bawah sadar, yang justru biasanya  sering mempengaruhi  dan secara tak terduga muncul dalam tindakan. Masing-masing peserta diminta untuk menemukan ‘akar masalah’ di alam bawah sadar agar lebih mudah mengenali diri. Banyak masalah dalam hidup yang muncul bukan karena orang lain atau situasi, tetapi karena masalah dalam diri. Pelayanan di tempat kerja, dalam keluarga, di tengah masyarakat, dan di tengah anggota CU, justru banyak muncul oleh karena ketidakmampuan kita menyelesaikan ‘masalah dalam diri’, sehingga mempegaruhi tampilan, pembawaan, pekerjaan dan komunikasi kepada orang lain.

 

 Keunggulan MYFO adalah dengan sistematis dan terinci, sedikit-demi sedikit menggali, memunculkan, dan menyegarkan gambaran diri di masa lalu dan fakta diri di masa sekarang. Seluruh peserta bersyukur dapat ‘menemukan kembali’ dirinya yang selama ini mungkin tersembunyi, terbelenggu, tidak tampak, atau mungkin kurang ditegaskan.

Setelah kembali ke masa lalu dan menemukan gambaran diri faktual, peserta kemudian diarahkan untuk menetapkan (kembali) misi hidupnya. Apa sebenarnya tujuan hidup saya? Apa visi saya? apa nilai-nilai hidup yang saya pegang, Apa sasaran hidup saya?Melihat gambaran diri 5 tahun ke depan merupakan salah satu cara menetapkan visi hidup. Seperti apa tampilan diri, keluarga, karir, pekerjaan, hobby, kesehatan, spiritualitas saya?

MYFO dengan sistematis membantu peserta merinci misi, visi, tujuan, hambatan, nilai-nilai, sasaran, strategi, dan langkah konkrit peserta  untuk memperbaiki diri. Peserta diharuskan menuliskan secara rinci dan secara personal seluruh aspek tersebut. Pada akhir setiap sesi, peserta disilakan mensharingkannya dalam grup atau dengan peserta yang lain. Gambar-gambar dan simbol yang dibuat oleh masing-masing peserta membantu untuk merefleksikan dirinya dan mendapatkan gambaran ideal diri di masa depan.

MYFO senyatanya adalah ret-ret pribadi (aktivis credit union) untuk mengenali diri, mengaturnya, merancang tujuan hidup, dan dengan tekun dan disiplin siap melaksanakannya dalam hidup sehari-hari. Format monitoring MYFO dengan jelas merinci hari, minggu, dan bulan. Apa yang berubah dalam diri saya hari ini dan minggu ini? Apakah saya lebih baik? Apakah saya telah on the track? Apakah saya bahagia? Atau saya tidak berubah? Mengalir bagaikan air tanpa tujuan yang pasti?

Seluruh peserta bersyukur dapat mengikuti MYFO, sebab MYFO telah mengubah cara dan metode mengatur diri. First of All, managing yourself: mengatur diri untuk dapat mengatur dan berkembang bersama orang lain.

 

Anthonius Pararak, M.Si

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6950740
Today
This Week
This Month
All days
7673
31796
158411
6950740