Berita


Penyegaran Fasilitator Financial Literacy: Mencipta Nilai di Sepanjang Rentang Kehidupan

Tidak keliru lagi jika Diklat Financial Literacy bagi anggota Credit Union bertujuan untuk membuat anggota melek dalam hal pengaturan keuangan pribadi atau keluarga. Modul pelatihan yang telah dilatihkan kepada anggota Credit Union di Indonesia sejak tahun 2013 ini, merupakan saduran dari 360 Degrees Financial Literacy for Credit Union Members (Credit Union Solutions Series Number 16 from Association of Asian Confederation of Credit Union). Anggota CU harus cakap dalam mengelola keuangan agar terhindar dari masalah keuangan, yang pada akhirnya dapat merusak kehidupan pribadi dan keluarga. Banyak orang memiliki penghasilan di atas rata-rata hidup layak, tetapi pada kenyataannya justru kualitas hidupnya tidak layak, atau bahkan menyedihkan. Beberapa orang berpenghasilan besar justru terpenjara dalam lilitan utang.

CU Sauan Sibarrung sejak tahun 2013 telah berkomitmen dan terus melatih anggota mengatur dan mengelola keuangan keluarga. Tercatat hingga April 2018 CU Sauan Sibarrung telah mengadakan pendidikan Financial Literacy bagi anggota sebanyak 497 kali, masing-masing selama 2 (dua) hari. Tahun 2017 yang lalu, sebagai contoh, CU Sauan Sibarrung mengadakan pendidikan Financial Literacy sebanyak 157 kali dan diikuti oleh 4.455 orang. Angka-angka ini menunjukkan betapa perhatian bagi perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga menjadi fokus serius CU Sauan Sibarrung dalam 5 (lima) tahun terakhir.

 

Bukan tanpa alasan jika CU Sauan Sibarrung berkomitmen demikian. Pertama, anggota CU sebenarnya tidak kurang uang. Tabungan rata-rata anggota telah mencapai 7-8 juta rupiah. Masalah ada pada pengaturan keuangan, sehingga memunculkan masalah-masalah rumah tangga anggota. Kedua, perilaku konsumtif di Toraja nampak meluas di tengah masyarakat. Pendidikan lah yang dipandang sebagai pintu masuk krusial untuk mengerem perilaku ini, bahkan mengonversinya ke perilaku produktif. Ketiga, prinsip hidup dan perilaku hidup “mengalir bagai air” telah membuai anggota sehingga terlena dan gagal merencanakan tujuan hidup dan tujuan keuangan jangka panjang. Keempat, anggota kadang terjebak bahwa pengaturan keuangan melalui credit union, lebih dominan menyangkut aspek ‘financial’ dan lupa soal nilai hidup yang diperjuangkan di sepanjang rentang kehidupan.

Kira-kira demikian poin-poin utama yang muncul dalam kegiatan Penyegaran Fasilitator Financial Literacy CU Sauan Sibarrung pada 19 dan 20 Juni 2018, yang diadakan di Kantor Pusat Makale, Tana Toraja. Kegiatan ini diikuti oleh 39 Fasilitator Diklat Financial Literacy dari 12 Kantor Pelayanan CU Sauan Sibarrung. Forum ini merupakan wadah sharing, refleksi dan belajar bersama para Fasilitator yang sudah sering membawakan materi Pendidikan Financial Literacy di tengah anggota. Pengalaman-pengalaman di lapangan selalu memberi pelajaran yang berharga bagi kemajuan pengelolaan diklat Financial Literacy lingkup Sauan Sibarrung.

 

Sebagai materi pendukung bagi penyegaran ilmu fasilitator, kedua narasumber (Bpk. Anthonius Pararak, M.Si dan Anton Sera’ Sima, S.IP) mengajak fasilitator menggali tentang Penciptaan Nilai (create values) bagi anggota di sepanjang rentang kehidupan. Financial Literacy senyatanya adalah kecakapan dalam pengaturan keuangan yang mendukung hidup anggota di sepanjang rentang kehidupan. Tahap-tahap kehidupan manusia sejak lahir hingga masa tua mempunyai tantangan tersendiri melalui transisi-transisi khas masing-masing: kelahiran, menuntu ilmu, mencari pekerjaan, menikah, meniti karir, mendidik anak, menjadi tua, dan seterusnya. Transisi-transisi sepanjang hidup, telah menguras perhatian, kekuatan, dan sumber daya lain sehingga kadang muncul masalah dalam hidup.

Diklat Financial Literacy mengajak anggota untuk mampu melewati transisi-transisi kehidupan dengan baik, dengan penetapan visi kehidupan yang jelas, dan didukung dengan tujuan keuangan yang tepat. Anggota diajak untuk menyadari diri, memandirikan hidup, menetapkan tujuan keuangan, membangun komunikasi yang baik dalam penganggaran keuangan keluarga, berkomitmen mencapainya, dan mengembangkan penghematan dan tabungan keluarga. Pengaturan keuangan keluarga mendukung anggota untuk bijaksana dalam mengambil keputusan di setiap transisi penting kehidupan. Para fasilitator harus mampu meyakinkan anggota meninggalkan kebiasaan buruk dan asal-asalan dalam pengelolaan keuangan. Fasilitator pun dituntut untuk memberi teladan hidup di tengah anggota tentang pengelolaan keuangan.

Sebagai media pengembangan diri dan kapasitas, kegiatan ini diisi dengan presentasi masing-masing fasilitator selama 5 (lima) menit, membawakan salah satu tema dari 8 (delapan) materi pendidikan Financial Literacy. Fasilitator diharapkan mampu menguasai materi dan dengan baik membawakannya.

Selamat kepada ke-39 Fasilitator Financial Literacy CU Sauan Sibarrung. Tugas nyata di Tempat Pelayanan masing-masing menunggu Anda. Yamokee

 

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Visitors Counter

8722803
Today
This Week
This Month
All days
1121
3652
49371
8722803