Berita


Ranjith Hettiarachchi: Sauan Sibarrung, Go Beyond!

 
 
Proses audit ACCESS BRANDING CU Sauan Sibarrung 2018 akhirnya rampung. Mr. Ranjith Hettiarachchi telah bertolak ke Makassar pada 11 Mei 2018, pagi hari. Beliau merampungkan audit ACCESS Branding CU Sauan Sibarrung Tana Toraja selama 3 (tiga) hari, 08-10 Mei 2018. Rangkaian verifikasi dan validasi data, kunjungan lapangan, dan training singkat, telah beliau lalui dengan penuh kegembiraan dan sukacita. Pengurus, Pengawas, Komite, Manajemen, Volunteer dan seluruh anggota mengucapkan limpah terimakasih kepada Association of Asian Confederation of Credit Union (ACCU) Thailand dan Induk Koperasi Kredit Indonesia (INKOPDIT) atas kunjungan yang penuh makna ini. 
 
Setelah melewati perjalanan darat yang melelahkan dari Makassar selama 8 (delapan) jam, Mr. Ranjith akhirnya tiba di CU Sauan Sibarrung pada tanggal 07 Mei tengah malam. Sebelumnya, beliau menghadiri Lokakarya Nasional pada RAT INKOPDIT TB. 2017 di Palembang. Tanpa penyambutan yang meriah, beliau tiba di kantor CU Sauan Sibarrung Makale Tana Toraja, pada pagi hari untuk memulai proses audit. Pertemuan dan briefing singkat bersama Pengurus, Pengawas, dan Top Manajemen memberi arah selama tiga hari ke depan. Jadwal dan kegiatan audit dipaparkan agar CU Sauan Sibarrung dapat dengan cepat beradaptasi dengan arah auditor. 
 
Mengawali proses audit, Mr. Ranjith rupanya secara tak terduga ingin bertemu dengan para Manajer TP untuk berterimakasih dan memberi motivasi. Terutama atas kerja keras pimpinan Manajemen di Kantor TP (cabang), yang dengan penuh perjuangan telah menunjukkan komitmen dan kerja keras mereka mengawal anggota di wilayah pengembangan masing masing. Konsistensi pencapaian bulanan setiap Kantor Pelayanan telah telah membantu CU Sauan Sibarrung secara bertahap bergerak maju sejak hasil audit ACCU tahun 2017. Meski beberapa indikator belum ideal, seperti kredit beredar, toh kelihatan bahwa ada peningkatan dan kemajuan yang cukup berarti. 
 
Semuanya itu patut diapresiasi, mengingat anggota CU Sauan Sibarrung telah menembus 33.000 anggota, sebuah jumlah yang membutuhkan energi bagi pengaturan di wilayah masing-masing. Tak lupa juga Ranjith memberi penyegaran dan motivasi bagi para manajer untuk selalu gembira dan bahagia bekerja di Credit Union. Thanks Branch Manajer, Good Job!
 
Mr. Ranjith kemudian, pada hari berikut bersama Bpk. Stef Siagian dari INKOPDIT, melakukan audit terhadap laporan dan data-data CU Sauan Sibarrung berdasar pada 4 (empat) perspektif Access Branding. Empat perspektif tersebut adalah: 1) Perspektif Keuangan (Return On Equity), 2) Perspektif Anggota – Konsumen (Product & Services), 3) Perspektif Bisnis Internal (System), dan 4) Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan (Peoples). Keempat perspektif tersebut kemudian tergambar dalam 86 indikator penilaian dengan masing-masing bobot penilaian. 
 
Sekedar diketahui, bahwa ACCU senyatanya telah mendapatkan laporan awal tentang empat perspektif penilaian ini, yang dikirim oleh INKOPDIT, sebagai hasil verifikasi awal beberapa waktu sebelumnya. Audit Access Branding telah melewati beberapa tahap verifikasi dan pemeriksaan yang dilakukan oleh INKOPDIT sejak Februari hingga April 2018. Dua Auditor INKOPDIT yang secara bertahap memeriksa CU Sauan Sibarrung adalah Bpk. Stef Siagian dan Bpk Pandu.
 
Selain memeriksa indikator-indikator Access Branding, Mr. Ranjith juga mendalami kebijakan, manual operasional, dan SOP CU Sauan Sibarrung, sebuah hal yang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Dengan penuh bimbingan, Mr. Ranjith memeriksa kebijakan tentang pelayanan anggota. Aturan tentang penerimaan anggota, aturan tentang simpanan, aturan tentang perkreditan dan lain-lain. Peristiwa ini menjadi momen terbaik bagi CU Sauan Sibarrung untuk berefleksi tentang pelayanan yang maksimal bagi anggota. “Jangan membuat anggota susah, hanya karena masalah ada pada diri Anda”, demikian salah satu usul Mr. Ranjith. “Go Beyond, go Beyond”, pesan Mr. Ranjith. “Anda   harus melampaui batasan-batasan standar yang telah diraih. Anda harus bergerak lebih tinggi dan lebih dalam”.  
 
Untuk melengkapi proses verifikasi dan audit ini, Mr. Ranjith kemudian melakukan kunjugan lapangan tentang kegiatan pemberdayaan Sauan Sibarrung. Beliau mengunjungi kelompok binaan ternak babi Memba’ka’ di Tallunglipu, Toraja Utara; kelompok pengrajin asesoris Toraja Eyananta di Randabatu, dan komunitas Padang Gasing di Mengkendek. Beliau ingin mengetahui geliat pemberdayaan di akar rumput yang digerakkan oleh para Sangayoka dan Mentor CU Sauan Sibarrung. Melalui diskusi langsung dengan para anggota Mr. Ranjith mengetahui system, cara kerja, dan dampak-dampak nyata dari gerakan pemberdayaan di tengah masyarakat. sekali lagi, input dan saran dari Mr. Ranjith tak luput dari diskusi ringan hari itu, terutama atas pengalaman beliau menggerakkan masyarakat selama kurang lebih 40 tahun dalam gerakan credit union di Asia.
 
Demikian Mr. Ranjith dan Bpk Stef Siagian merampungkan proses audit mereka  selama 3 (tiga) hari di Toraja. Dalam rapat kesimpulan pada hari terakhir, beliau sekali lagi mengulang: You must go beyond! Jangan hanya berpuas pada standar-standar pelayanan yang ditetapkan. Tetapi harus lebih dari itu, layani anggota semaksimal mungkin, untuk kemajuan hidup mereka. Thank’s ACCU, thank’s INKOPDIT.
 
Wakil Ketua Pengurus,
Anthonius Pararak, M.Si
 
 
 
 

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Visitors Counter

8566078
Today
This Week
This Month
All days
930
22568
63073
8566078