Berita


Rapat Persiapan Akreditasi ACCESS BRANDING

 

CU Sauan Sibarrung diundang untuk menghadiri Rapat Persiapan Akreditasi Access Branding, yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Februari 2016, di Wisma Marie Joseph Pontianak, Kalimantan Barat. Kegiatan yang dipandu oleh BKCU Kalimantan ini menghadirkan tiga CU primer di bawah koordinasi BKCUK, yakni CU Katulistiwa Bakti Pontianak, CU Sauan Sibarrung Toraja, dan CU Kasih Sejahtera Atambua. Ketiga CU ini, dari sekitar 43 CU di bawah koordinasi BKCUK, dipandang sudah dapat mengikuti proses pendampingan dan persiapan menuju Akreditasi Access Branding. Mewakili CU Sauan Sibarrung adalah Anthonius Pararak (Wakil Ketua Pengurus), Fanis Traktiana (Deputi Usaha), dan Yohanny Salurerung (Staf Divisi Diklat).

Hadir sebagai pemandu kegiatan adalah Tim Pendamping dari BKCU Kalimantan yang diketuai oleh Drs. Herkulanus Cale, Pengurus BKCU Kalimantan. Dalam pemaparannya Pak Cale menjelaskan hakikat Access Branding. Access merupakan singkatan dari A-1 Competitive Choice for Excellence in Service and Soundness (Pilihan kompetitif A-1 untuk pelayanan dan kesehatan yang prima).  Tools ini mengukur empat perspektif pelayanan dan kesehatan CU, yakni:1) Perspektif Keuangan (Return On Equity), 2) Perspektif Anggota – Konsumen (Product & Services), 3) Perspektif Bisnis Internal (System), dan 4)Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan (Peoples). Keempat perspektif tersebut kemudian di-break down ke dalam 86 indikator penilaian dengan bobot penilaian tertentu.

Access Branding adalah tools penilaian (audit) yang diterbitkan oleh ACCU dan digunakan untuk ‘standarisasi’ pelayanan dan kesehatan CU. Hal ini amat penting mengingat Branding adalah strategi keberhasilan pertumbuhan. Brand bukan sekedar simbol bagi keberadaan lembaga secara nasional, namun jauh lebih luas itu. Brand adalah reputasi gerakan sebuah credit union di dunia usaha. Apa yang sesungguhnya diberikan oleh branding adalah visi, tawaran, dan reputasi Credit Union itu sendiri, di mana branding bertindak sebagai ekspresi kolektif dari nilai-nilai Credit Union di tingkat nasional dan ekspresi lokal yang berkemampuan nasional.  Branding juga akan mengkomunikasikan kemampuan credit union kepada masyarakat luas.  

 

Pak Cale menambahkan bahwa gerakan CU di Kalimantan sebenarnya sejak tahun 2005 sudah mendorong beberapa CU untuk mengikuti Access Branding ini. “Telah beberapa kali diadakan sosialisasi, baik oleh BKCU Kalimantan maupun langsung dari ACCU Thailand, tetapi belum satupun CU yang mengikuti proses Akreditasi ini sampai sekarang”, imbuhnya. Persyaratan yang ketat dan cukup rumit, adalah salah satu penyebab mengapa proses akreditasi belum terlaksana.

 

Erowin, Deputy BKCU Kalimantan, kemudian menyampaikan secara teknis proses persiapan menuju Audit Access Branding. Yang utama adalah persiapan CU menuju ke sana. “BKCU Kalimantan siap mendampingi CU Primer, dalam koordinasi dengan Inkopdit Jakarta”, tambahnya. Pada kesempatan berikut, beliau memberikan format self-assessment, format penilaian diri (sendiri) menyangkut 86 indikator yang diukur oleh Access Branding. Bersama seluruh Tim Pendamping BKCUK, peserta diarahkan mendalami setiap indikator dan membandingkannya dengan keadaan CU saat ini.

Akhirnya, setelah mendapatkan skor (penilaian diri), dan melihat potensi diri masing-masing, ketiga CU disarankan untuk menyiapkan diri, dan dokumen-dokumen yang disyaratkan. Bukan masalah apakah CU akan mendapatkan mendapatkan ‘penghargaan’ atau ‘prestise’, tetapi bagaimana CU melakukan STANDARISASI PELAYANAN DAN KESEHATAN CU YANG PRIMA (for excellent in services and soundness), tentunya demi kesejahteraan anggota.

 

Selamat bekerja keras menyiapkan diri! Yamokee(AP)

 

 

 

 

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Weblinks

Visitors Counter

6097177
Today
This Week
This Month
All days
2334
40419
181410
6097177