Berita


Pelatihan Pembuatan Pakan Ayam

Ayam kampung atau nama ilmiahnya Gallus Domesticus, merupakan salah satu ternak yang sudah dipelihara oleh orang Indonesia sejak lama. Seiring berjalannya waktu, usaha-usaha beternak ayam kampong mengalam banyak perubahan. Ayam kampong sudah banyak dikembangkan dengan cara-cara yang modern agar lebih produktif.

Istilah ayam kampung pada mulanya merupakan kebalikan dari istilah ayam ras, yang mengacu pada ayam yang berkeliaran bebas di sekitar rumah. Namun, sejak program pengembangan, pembersihan, dan pemuliaan dilakukan oleh beberapa ayam kampung yang unggul, beberapa varietas ayam kampung yang unggul kini dikenal.

Untuk membedakannya, sekarang dikenal sebagai ayam buras (bukan ras, red), ini adalah ayam kampung yang dipilih dan dikembangbiakkan dengan teknik budidaya yang lebih baik, tidak hanya dipamerkan dan ditinggalkan untuk mencari makannya sendiri. Ayam kampung memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian masyarakat pedesaan karena – secara alami – adaptif terhadap lingkungan serta relative mudah dikelola.

Ayam kampung memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mudah dirawat. Mereka dapat hidup bebas di alam tanpa perawatan khusus. Agar ayam kampung ini tumbuh dengan baik, cukup diberikan pakan dan vitamin. Oleh karena itu, peternak tidak perlu melakukan upaya ekstra untuk menjaga kesehatan ayam kampung.

Daging ayam kampung memiliki nilai gizi yang lebih dari pada jenis ayam lainnya. Hidangan ayam kampung juga banyak diminati karena rasanya yang lebih menonjol, dan memberikan manfaat seperti protein, lemak, vitamin, dan fosfor yang penting bagi tubuh manusia lebih baik. Selain daging, telur ayam kampung juga merupakan komoditas bernilai tinggi. Telur ayam kampung digunakan sebagai suplemen makanan karena khasiatnya, meski lebih mahal dan ukurannya lebih kecil.

Harga daging dan telur dari ayam kampung lebih tinggi dari ayam negeri atau broiler karena kualitas daging dan telur ayam kampung yang berbeda. Hal ini tentunya menjadi hal yang baik bagi masyarakat yang dapat melihatnya sebagai peluang bisnis.

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, termasuk konsumsi pangan, turut berimbas pada peningkatan konsumsi ayam kampung. Jelas, saat ini permintaan ayam kampung semakin meningkat, baik daging maupun telurnya. Tentu saja ini mendorong peluang usaha, yaitu usaha peternakan ayam kampung.

Permintaan pasar akan pasokan ayam kampung terus berkembang dari waktu ke waktu. Sayangnya, meningkatnya permintaan tidak diimbangi dengan ketersediaan atau penawaran oleh pasar. Hal ini dikarenakan sebagian besar peternak ayam kampung saat ini menjalankan bisnisnya hanya sebagai usaha sampingan saja. Beberapa didalam kandang, sementara yang lainnya dibiarkan berkeliaran di sekitar rumah.

Menyadari akan hal tersebut, Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) Tempat Pelayanan Rembon mengadakan pelatihan pembuatan pakan dan pemeliharaan ayam kampung. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, anggota CUSS semakin ahli secara teknis dalam menekuni usaha beternak ayam kampung. Pelatihan yang dilaksanakan di Bone Malimbong tanggal 23 Maret 2022 tersebut dihadiri dua puluh Sembilan peserta, difasilitasi oleh penyuluh sekaligus praktisi lapangan, Syrilus Tandioga, S. Pt., juga membagikan tips-tips sederhana dan alami dalam menangani penyakit ayam. Dalam penutupan kegiatan tersebut oleh, komite pemberdayaan , Yulianus Ta’dung, menyampaikan harapan-harapannya mewakili lembaga  semoga pelatihan ini sebagai upaya CUSS hadir dalam perekonomian anggotanya semakin mendorong anggota berdaya dan berwirausaha demi kesejahteraan bersama (rst/lw)

Kalkulator Kredit (Silahkan klik untuk mulai menghitung)

Kisah Sukses

IMAGE CUSS Membarikan Ketenangan Dalam Menjalankan Usaha
Tuesday, 13 November 2012
Manakah yang anda pilih, punya utang 10 juta rupiah dengan asset 50 juta rupiah atau punya utang 100 juta rupiah dengan asset  600 juta rupiah? Demikian pertanyaan bapak menteri BUMN Dahlan Iska... Read More...
IMAGE Kisah Sukses Dari KM Saluampak
Tuesday, 13 November 2012
Setelah sekian lama CUSS KM Saluampak berjalan, sudah banyak anggota yang sudah merasa sangat tertolong dan terbantu oleh kehadiran CUSS di tempat ini. Banyak anggota yang awalnya menggadaikan kebun... Read More...
IMAGE Membangun Keluarga dan Masyarakat melalui Credit Union Sauan Sibarrung
Friday, 14 June 2013
Saya Andarias Tappi’, anggota CU – SS dari TP Deri. Sehari-hari saya dipanggil Pong Riani.  Saya menjadi anggota CU sejak tahun 2007 yang pada saat itu masih berpusat di Makale. Saya ingin... Read More...

Kalender & Agenda

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Visitors Counter

32786632
Today
This Week
This Month
All days
26369
89614
495196
32786632